Jumat, 05 April 2013

Menyetel Celah Katup Mobil



RUMUS PRAKTIS MENYETEL CELAH KATUP

Sobat sekalian jumpa lagi pada posting saya. Kali ini posting untuk para siswa, calon mekanik ataupun mekanik yaitu tentang teknik praktis menyetel katup pada kendaraan yang mempunyai lebih dari 1 silinder, dimana pada kendaraan spesifikasi 4 tak (langkah) mekanisme katup merupakan komponen utama pada engine yang harus mendapatkan perawatan atau penyetelan celah katupnya agar engine selalu dalam keadaan prima.

Terkadang kendaraan apalagi mobil mempunyai lebih dari 2 silinder bahkan ada yg sampai 8 silinder, jumlah katupnya pun mengikuti jumlah silindernya, dimana 1 silinder minimal mempunyai 2 buah katup yaitu katup masuk (In) dan katup buang (Ex) dan semuanya perlu perawatan atau penyetelan berkala. Terkadang kendala waktu yang mempengaruhi pengerjaan penyetelan ini, apalgi jika dihadapkan pada kendaraan yg mempunyai lebih dari 4 silinder, misalkan kendaraan Toyota Land cruiser yg mempunyai 6 silinder ataupun mesin dengan 8 silinder. Bukan hanya engine yg mempunyai lebih dari 4 silinder, dengan berkembangnya teknologi ada engine yg mempunyai jumlah katup 4 buah pada setiap silindernya… Wwuuuaaah sungguh pekerjaan yg perlu cukup jam terbang dan latihan yg lama jika pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan cepat, akurat dan tepat.

Pada saat melakukan over hole engine, saat pemasangan semua komponen harus diset ulang termasuk mekanisme katupnya. Bagi mekanik yg udah punya jam terbang tinggi pengesetan mekanisme katup dan cara penyetelannya merupakan perkara yg mudah dan bisa dikerjakan dengan cepat. Namun bagi pemula penyetelan katup pada saat mesin overhole bukan perkara mudah. Dengan banyaknya katup yg harus distel maka kita harus hati-hati dalam menentukan mana katup yg perlu distel atau tidak, kadang kala kita harus mengingat-ingat diantara katup in dan katup ex tersebut mana yg harus distel duluan supaya tidak terjadi benturan antar piston dan katupnya. Sehingga membuat perkejaan tidak efisien dan lama.
Namun kali ini kita akan postingkan teknik atau cara special buat siswa ataupun mekanik pemula yang nantinya dapat melakukan penyetelan katup seperti mekanik yg sudah professional atau udah banyak jam terbangnya dan dijamin akurat tepat dan benaar.
Teknik ini bisa digunakan pada kendaraan yg mempunyai silinder 4 ataupun 6 bahkan 8 silinder, terkadanng siswa sering lupa mana katup yg perlu distel duluan apakah In atau Ex pada salah satu silindernya, sehingga teknik ini bisa memudahkan dan meminimalisir kesalahan pada saat penyetelan.

Langsung saja kita tampilnya posting ini :
Teknik ini menggunakan 2 kali putaran poros engkol dan sobat sudah bisa melakukan penyetelan semua katupnya. Misalkan sebuah kendaraan dengan 4 silinder dengan  F.O (Firing Order)/urutan pengapian = 1 3 4 2
Langkah yang pertama :
1.       TOP –kan silinder 1, cirinya kendaraan tersebut TOP silinder 1 adalah :
·         Tanda pulley pada poros engkol tepat pada angka 0 untuk kendaraan tipe front engine atau tanda “T” pada flywheel segaris dengan tanda pada bak kopling/transmisi untuk tipe kendaraan MR atau tipe kendaraan yang enginenya di tengah
·         Pada engine bensin tanda TOP 1 juga ditunjukkan oleh rotor distributor mengarah ke angka 1 pada tutup distributor, pada engine diesel TOP 1 juga ditunjukan oleh posisi roker arm pada silinder 4 over lap (tidak bebas/menekan semua).
·         Lakukan penyetelan katup pada TOP 1 dengan menggunakan teknik F.O :1 3 4 2 1 “jangan lupa untuk selalu menambahkan angka yg terakhir (1) pada FO nya…..” seperti di bawah ini



Dari table di atas dapat diketahui bahwa katup EX (buang) yg distel adalah pada silinder 1 dan 3 kemudian untuk katup In (masuk) pada silinder 1 dan 2, sedangkan silinder 4 sengaja di garis karena posisi ini katup pada posisi over lap/tidak bebas. Kemudian Stel celah katup sesuai standart/ spesifikasi kendaraannya.

2.       Putar pulley poros engkol 360O  sampai tanda pada pulley ataupun tanda pada flywheel menunjuk angka nol “0”pada tanda timingnya, pada kondisi ini engine TOP  silinder 4, untuk memastikannya bisa dilihat tanda / cirri engine pada posisi TOP silinder 4, antara lain :
·         Rotor distributor mengarah ke angka 4 pada tutup distributornya, untuk engine bensin
·         Posisi  rocker arm untuk katup silinder 1 tidak bebas atau over lap
·         Stel katup yang belum distel dengan cara mengubah/membailk nilai FO nya dari 1342 menjadi 4213, sehingga manjadi 4 2 1 3 4 “jangan lupa untuk menambahkan angka yg terakhir (4) pada FO.nya…” seperti dibawah ini


Dari table di atas dapat diketahui bahwa katup EX (buang) yg distel adalah pada silinder 4 dan 2 kemudian untuk katup In (masuk) pada silinder 3 dan 4, sedangkan silinder 1 sengaja di garis karena posisi ini katup pada posisi over lap/tidak bebas dan katup silinder 1 udah distel pada posisi TOP 1 tadi. Kemudian Stel celah katup sesuai standart/ spesifikasi kendaraannya.

Demikian sobat teknik menyetel katup 4 silinder yg praktis.. Anda bisa mencobanya, bahkan untuk engine yg mempunyai jumlah silinder 6 ataupun 8. 

Enggaak percaya…..?????? Ne coba ja buktiin sendiri yaa.. Jika engine 6 silinder dengan Firing Order/FO : 1 4 2 6 3 5 

Coba sobat stel katupnya dengan cara seperti diatas….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentnya jangan lupa yyaaaa