1. Pada unit sepeda motor dibagi menjadi 3 komponen utama, jelaskan 3 komponen utama unit sepeda motor tersebut..
2. Sebutkan 5 kelengkapan sistem kelistrikan yang ada pada unit sepeda motor
3. Apa fungsi komponen sistem penerangan dan sinyal di bawah ini :
- Lampu Kepala
- Lampu stop
- Lampu sein
- Lampu senja
- Horn
- Indikator bahan bakar
jawaban ditulis melalui laman komentar dengan memberikan nama lengkap dan kelas, boleh mencari literatur yang kredibel dan valid.
Selama Mengerjakan..
Nama: abimanyu sb
BalasHapus1) Komponen utama unit sepeda motor dapat dikelompokan menjadi 4 bagian utama, yakni1.Engine / Mesin2. Power Train / Peminda Tenaga!. "asis / sasis4. KelistrikanMesin #epeda Motor 4 Tak dan Kelengkapannya Engine / Mesin1. "ylinder $ead / Kepala #ilinder2. "ylinder %lo&k /%lok #ilinder!. "rank 'se / %ak Engkol Power Train /Peminda Tenaga1. "lut& / Kopling2. (ear %o) / (igi Transmisi!. Ki&k #tarter / #tarter Kaki "asis /#asis1. #istem Kemudi2. #istem #uspensi!. *em4. *oda dan %anKelistrikan1. Motor #tarter2. #istem Pengapian!. #istem Pelumasan
Nama:iksan agust wibowo
BalasHapusKelas:XII TSM 2
No absen:10
1.A.mesin
B.sasis/rangka
C.kelistrikan
yang komplit mas
Hapus1.Kepala Silinder (Cylinder Head)
BalasHapusKepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Demikian ulasan tentang komponen utama pada mesin sepeda motor, semoga bisa
Nama:Yahya pratama
Kelas:XII TSM 2
Abimanyu
BalasHapus1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Nama yahya pratama
BalasHapusKelas XII TSM 2
1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.
Kedua komponen ini, tidak terlepaskan pada sebuah sistem kelistrika
Komponen pada sepeda motor di bagi menjadi 3 kategori,yaitu :
BalasHapusI. MESIN
II. CASIS/RANGKA
III. KELISTRIKAN
Selanjutnya ketiga kategori tersebut akan di perjelas secara lebih detail
I. SISTEM PADA MESIN
1) Sistem pembangkit tenaga: sebagai sumbertenaga pengerak,
Yang terdiri dari beberapa sistem di bawah ini:
a. Mesin: berfungsi untuk merubah dari energi panas yang di hasilkan dari pembaran bahan bakar+udara menjadienergi mekanik(gerak putar crankshaft)
b. Sistem pemasukan bahan bakar:berfungsi untuk merubah bahan bakar cair menjadi gas dan mencampur bahan bakar tersebut dengan udara yang ideal untuk di ledakan dalam ruang bakar.
c. Sistem pelumasan: berfungsi untuk melapisidan melindungi komponen metal yang bergerakdengan lapisan oli,mengurangigesekan dan sekaligus mendinginkan komponen tersebut.
d. Sistem pembuangan: berfungsi nembuang gas hasil sisa pembakaran(CO2)agar tekananya berkurang sehingga membantu menurunkan temperatur mesin.
e. Sistem pendinginann:berfungsi untuk mendingkan suhu mesin dan juga menjaga suhumesin agar tetap setabil sehingga memperlancar kerja mesin.
2) Sistem pemindah tenaga:yaitu sistem yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin sampai ke roda belakang.dimana sistem ini terdiri dari:
a. Mekanisme kopling:berfungsi untuk memutus dan menyambungkan putataran mesin ke mekanisme transmisi.
b. Transmisi yaitu meneruskan tenaga mesin melalui mekanisme gear ke roda belakang.
II. CHASSIS
1) Rangka dasar:
Ada pun fungsi ranggka dasar sebagai:
• tempat dudukan (penopang)mesin.
• Tahanan dari sistem suspensi sebagai penyerap goncangan dan getaran yang timbul akibat kondisi jalan yang tidak bagus.
• Tahanan dari garpu depan(fork derpan)dan garpu belakang (swing arm),keduanya sedemikian rupa sehingga sepeda motor dapat terkendalikan.
• Penahan dari tempat duduk(jok)
• Penahan setandar tenggah dan samping
• Perletakan battery dan peralatan listrik lainya.
2) Mekanisme peredam kejut/Suspensi:
Ada pun fungsi dari suspennsi yaitu:
• Sebagai penghubung antara roda terhadap frame/Rangka.
• meredam kejutan atau menyerap bantingan/melemahkan gerak meng ayun dari pegas dari jalan yang tidak bagus dan menjaga pengendalian kendaraan agar tetap setabil.
3) Roda:roda untuk menopang rangka,dan sebagai penunjang sepeda motor agar dapat berjalan.Terutama roda belakang sebagai tenaga pengerak sepeda motor.
4) Sistem rem:berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju sepeda motor dan untuk meng hentikanya.
5) Sitem kemudi:berfungsi untuk mengerakan roda depan ke kiri dan ke kanan dengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang di teruskan ke garpu depan(front fork)
6) Lain2
III. SISTEM KELISTRIKAN
1) Mekanisme pengapian:yaitu mekanisme yang menghasilkan pijar listrik berteganan tingggi untuk membakar campuran bensin+udara di dalam ruang bakar mesin yang di perlukan untuk menghasilkan tenaga mengerakan putaran mesin.
2) Pembangkit listrik:yaitu mekanisme yang kan daya listrik(sumber listrik) ke setiap perankat listrik secara terus menerus.
3) Mekanisme penerangan dan sinyal:sebagai alat penerangan dan sinyal(tanda) untuk keamanan berkendara
4) Mekanisme stater:alat untuk memutarkan crankshaft dengan menggunakan tenaga listrik sehingga mesin pun ber geraak.
Abimanyu sb
BalasHapus2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.
Yahya pratama
BalasHapusXII TSM 2
3.1. Sistem penerangan lampu kepala
Lampu kepala adalah penerangan utama pada motor, pada lampu ini sistem pencahayaan utama akan diemban. Memang ini karena fungsi dari lampu kepala adalah sebagai penyedia cahaya berkapasitas besar untuk menerangi jalanan didepan motor.
Ada dua lampu pada lampu kepala ini, yakni ;
Lampu low beam, merupakan lampu jarak dekat yang menyinari area didepan motor dengan jarak dekat dengan motor.
Lampu high beam, merupakan lampu jarak jauh yang memiliki jangkauan pencahayaan lebih jauh.
Kedua lampu ini digunakan pada kondisi tertentu, misal lampu jarak jauh dipakai saat kita berjalan pada jalanan yang memiliki pencahayaan rendah dengan kecepatan tinggi dan sepi. Penggunaan lampu jarak jauh ditempat ramai akan mengganggu orang lain karena ketinggian lampu bisa menyoroti wajah orang lain.
Cara kerja kedua lampu ini secara bergantian, dengan kata lain lampu jarak dekat akan mati apabila lampu jauh hidup begitu pula sebaliknya. Lampu yang dipakai menggunakan jenis lampu dual filamen. Lampu ini memiliki tiga terminal dan dua buah kawat inti. Satu terminal masa dan dua terminal untuk masing-masing lampu jauh dan dekat.
Saat ini, saklar lampu kepala sudah secara otomatis aktif saat mesin motor hidup. Ini terkait regulasi yang mewajibkan pengguna motor untuk menghidupkan lampu disiang hari.
Namun untuk lampu jauh, masih diaktifkan oleh sebuah saklar secara manual.
2. Lampu sein
img by philipmccallen.com
Lampu tanda belok adalah jenis penerangan berikutnya. Lampu sign ini merupakan perangkat yang wajib disediakan pada kendaraan bermotor apapun jenisnya termasuk sepeda motor.
Ini karena fungsinya sebagai active safety system, lamp sein tidak berfungsi untuk memberi cahaya untuk menyinari jalan seperti lampu kepala, tapi lampu ini dijadikan sebagai lampu sinyal kemana kendaraan akan berbelok.
Advertisement
Sistem peringatan ini akan mencegah kesalah pahaman antara pengemudi sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas, oleh sebab itu lampu ini termasuk perangkat keselamatan aktif kendaraan yang secara aktif menjaga keselamatan pengguna dan motor itu sendiri.
Mungkin anda bertanya-tanya mengapa lampu sein bisa berkedip ? jika anda menyimak artikel rangkaian lampu sein dan hazard sudah dipaparkan secara jelas bahwa ada satu komponen bernama flasher.
Flasher bekerja dengan memutuskan dan menyambungkan arus listrik kelampu secara periodikal. Sehingga akan dihasilkan output berupa kedipan lampu sein.
3. Lampu Stop
Lampu tail atau lampu stop merupakan lampu sinyal berikutnya, lampu ini juga tidak berfungsi sebagai komponen penyedia pencahayaan motor karena letaknya dibelakang. Lampu stop ini dipakai sebagai pemberi informasi ke pengguna kendaraan motor dibelakangnya bahwa didepan ada kendaraan.
Ini berguna ketika gelap, pada kondisi ini pengemudi sering tidak menyadari bahwa didepan ada kendaraan. Dengan adanya lampu stop ini maka pengemudi akan tahu bahwa didepannya ada sebuah kendaraan.
Sama halnya dengan lampu kepala, lampu stop ini juga memiliki dua macam lampu. Yakni lampu tail dan lampu rem, lampu tail akan hidup secara otomatis saat lampu kepala aktif. Atau dengan kata lain saat mesin motor hidup maka lampu ini akan menyala.
Sementara lampu rem memiliki intensitas cahaya lebih tinggi dari lampu tail. Perbedaan ini akan menyebabkan lampu rem bersinar lebih terang dari pada lampu tail sehingga ketika pengemudi menarik tuas rem pengguna kendaraan dibelakang akan tahu bahwa kendaraan didepannya sedang mengerem.
Untuk jenis bolamnya, ada yang memakai single filamen ada pula yang dual filamen. Pada dual filamen bulb maka ada tiga terminal, satu masa dan dua lainya ke switch rem dan kunci kontak. Sementara pada single filamen hanya ada dua terminal, tapi memiliki perbedaan tegangan.
Tegangan yang masuk ke lampu stop sata tuas rem ditekan akan lebih besar dari pada tegangan lampu tail sehingga sinarnya juga lebih terang.
4. Lampu dashboard
Dibagian dashboard juga tak boleh kita lupakan
Yahya pratama
BalasHapusXII TSM 2
4.1. Baterai
Pada mobil, baterai lebih dikenal dengan sebutan aki. Fungsinya sebagai penyedia arus listrik untuk semua sistem kelistrikan mobil, termasuk sistem pengapian. Meski demikian, baterai sebenarnya tidak bisa menghasilkan listrik. Baterai hanya bertugas untuk menampung arus listrik yang dihasilkan oleh sistem pengisian.
2. kunci kontak
Semua rangkaian kelistrikan pasti memerlukan saklar untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem. Pada sistem pengapian, kunci kontak berperan sebagai saklar bagi sistem pengapian.
Ketika kunci kontak diputar pada posisi ON, maka arus dari baterai akan langsung masuk ke coil dan masuk ke skema pengapian mesin. Namun ketika kunci kontak OFF, arus listrik dari baterai akan tertahan akibatnya meski mesin diengkol tetap tidak mau hidup.
3. Ignition coil
Fungsi ignition coil adalah untuk menaikan tegangan baterai dari 12 Volt ke 20 KV secara cepat dan singkat. Ignition coil menggunakan metode induksi elektromagnet, prinsip kerjanya seperti trafo step up.
Advertisement
Dimana ada dua buah kumparan, kumparan sekunder dibuat dengan lilitan jauh lebih besar agar tegangan yang naik nantinya bisa semakin besar. Untuk membuat proses induksi ini berjalan secara singkat namun hasilnya besar, coil menggunakan cara pemutusan arus.
Sebelumnya, ignition coil didesain agar kumparan sekunder terletak dibagian dalam kumparan primer. Sehingga ketika kumparan primer dialiri arus listrik, maka akan timbul garis gaya magney pada kumparan primer dan semua permukaan kumparan sekunder akan sepenuhnya mendapatkan induksi karena lokasinya berada didalam kumparan primer (seperti core).
Ketika arus primer diputus, maka garis gaya magnet pada coil akan bergerak ke bagian dalam. Hasilnya pergerakan yang berlangsung cepat ini akan mendorong induksi tegangan listrik secara cepat dan besar.
4. Transistor unit
Disinilah letak perbedaan antara sistem pengapian konvensional dan elektronik. Pada pengapian konvensional, menggunakan kontak point atau platina untuk memutuskan arus primer coil.
Pada pengapian elektronik pun demikian, namun pemutusan arus dilakukan oleh komponen transistor. Bagi anda yang belum familiar, transistor adalah komponen semi konduktor yang bisa berperan sebagai konduktor tapi bisa juga berfungsi sebagai isolator.
Ada tiga kaki pada transistor, yakni Basis, Emitor, dan Kolektor. Apabila kaki basis diberikan arus listrik, maka transistor menjadi konduktor atau dengan kata lain kaki emitor dan kolektor terhubung. Namun kalau arus listrik pada basis dihentikan maka transistor berubah menjadi isolator atau emitor dan kolektor terputus.
5. Pulse igniter
Kalau anda paham tentang sistem pengapian motor, maka ini tidak menjadi kendala bagi anda untuk memahaminya. Khusus pada pengapian elektronik full transistor, pulse igniter diletakan didalam distributor.
Ada dua komponen pada pulse igniter ini, yakni rotor yang menempel pada poros distributor juga memiliki permanen magnet, dan pick up coil atau kumparan yang diletakan didekat rotor magnet.
Apabila rotor berputar, maka garis gaya magnet yang ada pada rotor akan memotong kumparan pick up coil sehingga muncul pergerakan elektron. Namun bukan itu yang dibutuhkan, pada rotor kita akan menmui tonjolan.
Tonjolan ini berfungsi untuk mengubah celah udara antara rotor dan pick up coil. Hasilnya ketika rotor berputar, maka tonjolan tersebut akan memberikan efek perpotongan lebigh besar. Sehingga kalau dilukiskan dalam sebuah diagram akan terlihat efek gelombang.
Gelombang ini yang nantinya akan mempengaruhi kekuatan arus di kaki basis pada transistor.
Selengkapnya baca ; Cara kerja sistem pengapian elektronik
6. Distributor
Selain pada pengapian konvensional, ternyata pengapian elektronik juga masih memiliki komponen distributor. Ini karena pengapian elektronik hanya memiliki perbedaan pada mekanisme pemutusan arus primer coil. Selebihnya sama dengan pengapian konvensional.
Fungsi distributor adalah sebagai pembagi tegangan keluaran dari kump
Abimanyu sb
BalasHapus2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.
Komponen pada sepeda motor di bagi menjadi 3 kategori,yaitu :
BalasHapusI. MESIN
II. CASIS/RANGKA
III. KELISTRIKAN
Selanjutnya ketiga kategori tersebut akan di perjelas secara lebih detail
I. SISTEM PADA MESIN
1) Sistem pembangkit tenaga: sebagai sumbertenaga pengerak,
Yang terdiri dari beberapa sistem di bawah ini:
a. Mesin: berfungsi untuk merubah dari energi panas yang di hasilkan dari pembaran bahan bakar+udara menjadienergi mekanik(gerak putar crankshaft)
b. Sistem pemasukan bahan bakar:berfungsi untuk merubah bahan bakar cair menjadi gas dan mencampur bahan bakar tersebut dengan udara yang ideal untuk di ledakan dalam ruang bakar.
c. Sistem pelumasan: berfungsi untuk melapisidan melindungi komponen metal yang bergerakdengan lapisan oli,mengurangigesekan dan sekaligus mendinginkan komponen tersebut.
d. Sistem pembuangan: berfungsi nembuang gas hasil sisa pembakaran(CO2)agar tekananya berkurang sehingga membantu menurunkan temperatur mesin.
e. Sistem pendinginann:berfungsi untuk mendingkan suhu mesin dan juga menjaga suhumesin agar tetap setabil sehingga memperlancar kerja mesin.
2) Sistem pemindah tenaga:yaitu sistem yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin sampai ke roda belakang.dimana sistem ini terdiri dari:
a. Mekanisme kopling:berfungsi untuk memutus dan menyambungkan putataran mesin ke mekanisme transmisi.
b. Transmisi yaitu meneruskan tenaga mesin melalui mekanisme gear ke roda belakang.
II. CHASSIS
1) Rangka dasar:
Ada pun fungsi ranggka dasar sebagai:
• tempat dudukan (penopang)mesin.
• Tahanan dari sistem suspensi sebagai penyerap goncangan dan getaran yang timbul akibat kondisi jalan yang tidak bagus.
• Tahanan dari garpu depan(fork derpan)dan garpu belakang (swing arm),keduanya sedemikian rupa sehingga sepeda motor dapat terkendalikan.
• Penahan dari tempat duduk(jok)
• Penahan setandar tenggah dan samping
• Perletakan battery dan peralatan listrik lainya.
2) Mekanisme peredam kejut/Suspensi:
Ada pun fungsi dari suspennsi yaitu:
• Sebagai penghubung antara roda terhadap frame/Rangka.
• meredam kejutan atau menyerap bantingan/melemahkan gerak meng ayun dari pegas dari jalan yang tidak bagus dan menjaga pengendalian kendaraan agar tetap setabil.
3) Roda:roda untuk menopang rangka,dan sebagai penunjang sepeda motor agar dapat berjalan.Terutama roda belakang sebagai tenaga pengerak sepeda motor.
4) Sistem rem:berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju sepeda motor dan untuk meng hentikanya.
5) Sitem kemudi:berfungsi untuk mengerakan roda depan ke kiri dan ke kanan dengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang di teruskan ke garpu depan(front fork)
6) Lain2
III. SISTEM KELISTRIKAN
1) Mekanisme pengapian:yaitu mekanisme yang menghasilkan pijar listrik berteganan tingggi untuk membakar campuran bensin+udara di dalam ruang bakar mesin yang di perlukan untuk menghasilkan tenaga mengerakan putaran mesin.
2) Pembangkit listrik:yaitu mekanisme yang kan daya listrik(sumber listrik) ke setiap perankat listrik secara terus menerus.
3) Mekanisme penerangan dan sinyal:sebagai alat penerangan dan sinyal(tanda) untuk keamanan berkendara
4) Mekanisme stater:alat untuk memutarkan crankshaft dengan menggunakan tenaga listrik sehingga mesin pun ber geraak.
Nama: Reza prasetyo
Sistem kelistrikan sepeda motor - Meskipun rangkaiannya lebih sederhana dari pada kelistrikan mobil, komponen-komponen pada sistem kelistrikan sepeda motor juga tidak bisa dikatakan sedikit.
BalasHapusLihat saja pada bagian depan motor, selain lampu kita juga menemukan panel-panel indikator yang masuk dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Apalagi kalau motor kita sudah berteknologi efi, pastinya skema kelsitrikannya juga bertambah rumit.
Namun, pada artikel ini akan kita bahas dengan tuntas semua komponen sistem kelustrikan sepeda motor beserta masing-masing fungsinya.
Secara umum komponen sistem kelistrikan dibagi menjadi tiga kelompok yakni ;
Power source
Control
Load
Wiring
Tapi setiap kelompok tersebut memiliki beberapa komponen lagi. Apa saja ? silahkan simak lanjutan artikel ini untuk lebih jelasnya.
Komponen Sistem Kelsitrikan Motor dan Fungsinya
1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Sistem kelistrikan sepeda motor - Meskipun rangkaiannya lebih sederhana dari pada kelistrikan mobil, komponen-komponen pada sistem kelistrikan sepeda motor juga tidak bisa dikatakan sedikit.
BalasHapusLihat saja pada bagian depan motor, selain lampu kita juga menemukan panel-panel indikator yang masuk dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Apalagi kalau motor kita sudah berteknologi efi, pastinya skema kelsitrikannya juga bertambah rumit.
Namun, pada artikel ini akan kita bahas dengan tuntas semua komponen sistem kelustrikan sepeda motor beserta masing-masing fungsinya.
Secara umum komponen sistem kelistrikan dibagi menjadi tiga kelompok yakni ;
Power source
Control
Load
Wiring
Tapi setiap kelompok tersebut memiliki beberapa komponen lagi. Apa saja ? silahkan simak lanjutan artikel ini untuk lebih jelasnya.
Komponen Sistem Kelsitrikan Motor dan Fungsinya
1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Nama: reza prasetyo
LINTANG JATI NUGROHO
BalasHapusXII TSM 2
1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Nama:iksan agust wibowo
BalasHapusKelas:XII TSM 2
No absen:10
1.Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Demikian ulasan tentang komponen utama pada mesin sepeda motor, semoga bisa bermanfaat dalam pembelajaran.
Alsepta Riski p
BalasHapus1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Abimanyu sb
BalasHapus3)Lampu Kepala: untuk penerangan malam hari lampu sorot
Lampu stop:tanda mau berhenti
Lampu sein:tanda montor mau belok
Lampu senja
Horn:lampu cadangan atau lampu kota
Indikator bahan bakar:tanda bahan bakar masih atau habis
2)1. Baterai
BalasHapusBaterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar
nama:bagas subroto
BalasHapus1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar
Abimanyu sb
BalasHapus4)
1. Baterai
Baterai berfungsi untuk menyuplai arus listrik yang akan dijadikan sumber untuk proses pengapian. Arus dari baterai bersifat DC dan bertegangan 12 Volt. Sumber dari baterai digunakan pada sistem pengapian CDI DC.
2. Spul AC
Fungsi spul layaknya altrnator. Komponen ini akan menghasilkan tegangan AC atau bolak-balik yang dihasilkan saat mesin menyala. Komponen ini dapat digunakan agar sepeda motor dapat tetap hidup tanpa dilengkapi baterai.
3. Kunci kontak
Kunci kontak adalah komponen yang akan menjadi sinyal untuk menyalakan dan menonaktifkan sistem pengapian pada mesin. Saat kunci kontak berada pada posisi ON, maka arus dari baterai akan mengaliri sistem pengapian.
4. Ignition Coil
Ignition coil berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi dari 12 V mencapai 20 KV melalui proses induksi elektromagnet. Koil pengapian juga memiliki banyak jenis, untuk lebih jelas simak Cara kerja ignition coil beserta skema diagram.
5. CDI unit
CDI unit adalah komponen yang akan melakukan proses pengosongan arus. Komponen capasitor menjadi bahan elektronika yang dapat menyimpan dan menyalurkan arus listrik.
Di dalam CDI unit terdapat beberapa komponen antara lain, dioda. Fungsi dioda untuk menyearahkan arus yang didapat dari spul AC. Komponen lainya adalah transformator untuk menaikan tegangan arus induksi agar listrik yang masuk kedalam capasitor berlangsung cepat.
6. Pulse igniter
Pulse igniter berfungsi seperti sensor CKP. Komponen ini akan mengirimkan sinyal yang menandakan timing pengapain mesin dengan frekuensi tertentu.
7. Kabel busi
Advertisement
Kabel busi menjadi penghubung antara ignition coil dengan busi. Kabel ini di desain khusus karena akan mengalirkan listrik bertegangan tinggi. Sehingga kabel ini memiliki karet isolator yang lebih tebal dari kabel pada umumnya.
8. Busi
Busi menjadi komponen terakhir pada sistem pengapian. Busi akan mengkonversi energi listrik menjadi percikan api didalam silinder mesin. Simak mengapa busi dapat mengeluarkan api? Untuk lebih detail.
Lintang jati nugroho
BalasHapusXII TSM 2
2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar
Alsepta Riski p
BalasHapusKls:Xll TSM 2
2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.
nomor 3.
BalasHapusbagas subroto
3 tsm 2
lampu kepala: 1. Sistem penerangan lampu kepala
Lampu kepala adalah penerangan utama pada motor, pada lampu ini sistem pencahayaan utama akan diemban. Memang ini karena fungsi dari lampu kepala adalah sebagai penyedia cahaya berkapasitas besar untuk menerangi jalanan didepan motor.
lampu stop: Lampu tail atau lampu stop merupakan lampu sinyal berikutnya, lampu ini juga tidak berfungsi sebagai komponen penyedia pencahayaan motor karena letaknya dibelakang. Lampu stop ini dipakai sebagai pemberi informasi ke pengguna kendaraan motor dibelakangnya bahwa didepan ada kendaraan.
Ini berguna ketika gelap, pada kondisi ini pengemudi sering tidak menyadari bahwa didepan ada kendaraan. Dengan adanya lampu stop ini maka pengemudi akan tahu bahwa didepannya ada sebuah kendaraan.
lampu sein: Lampu tanda belok adalah jenis penerangan berikutnya. Lampu sign ini merupakan perangkat yang wajib disediakan pada kendaraan bermotor apapun jenisnya termasuk sepeda motor.
lampu senja: Fungsi Lampu Senja di Motor Era AHO
Cukup menarik melihat respon tentang tidak adanya lampu senja pada Jupiter MX 150. “Bagus itu ga ada lampu senja, buat apa. Toh sudah ada lampu utama (lampu depan) yang bakalan menyala lantaran sudah AHO”. Hayyooo...siapa lagi yang selama ini mempunyai pemikiran demikian. Yaudah yuk simak lebih lanjut.
horn :untuk memberi tanda sesuatu kepada pengendara lain
indikator baterai:untuk mengetahui berapa persen atau volt baterai
Muhammad Rifqi
BalasHapus1. Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
Muhammad Rifqi
BalasHapus2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar
Muhammad Rifqi
BalasHapus3)Lampu Kepala: untuk penerangan malam hari lampu sorot
Lampu stop:tanda mau berhenti
Lampu sein:tanda montor mau belok
Lampu senja
Horn:lampu cadangan atau lampu kota
Indikator bahan bakar:tanda bahan bakar masih atau habis
nama:bagas subroto
BalasHapuskelas :3 tsm 2
sebutkan sistem kelistrikan elektronika
busi
spul
pulser
cdi
coil
sekering
kontak
kiprok
baterai
- lampu kepala penerangan utama pada sepeda motor
BalasHapus- lampu stop Lampu stop ini dipakai sebagai pemberi informasi ke pengguna kendaraan motor dibelakangnya bahwa didepan ada kendaraan.
- lampu sein lampu penunjuk kemana arah akan berbelok
- lampu senja ada sebagai tanda keberadaan kita tatkala waktu senja.
- horn Klakson sangat berperan penting bagi keselamatan pengendara.
- indikator bahan bakar penting untuk mengetahui jumlah bbm yang terdapat pada tanki bahan bakar.
nama bagas subroto
BalasHapus3 tsm 2
kelengkapan sistem kelistrikan
cdi
coil
spul
kiprok
lampu
horn
sein
lampu kota
4. Fungsi sistem pengapian itu hanya satu, yakni membakar campuran udara dan bensin yang telah dikompresi (saat akhir langkah kompresi) hanya pada mesin bensin.
BalasHapusnama:bagas subroto
BalasHapuskelas:3 tsm 2
no 1
1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin
Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.
NAMA:RYAN YOGA R.P
BalasHapusKELAS:XII TSM 2
1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.
Kepala Silinder dan Kelengkapannya
Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin
Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3 Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
Pompa oli
Kopling
Poros engkol dan bantalan peluru
Gigi persneling atau gigi transmisi
Sebagai penampung oli pelumas
NAMA:RYAN YOGA R.P
BalasHapusKELAS:XII TSM 2
2)1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.
Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul dan kiprok
belajar sistem kelistrikan pdf
Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.
Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.
3. Switch and Module
jalur kelistrikan honda grand
Advertisement
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.
Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.
Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.
Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.
4. Wiring
Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5. Load atau beban
merakit sistem kelistrikan motor pdf
Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.
Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.
6. Pengaman rangkaian
jalur kelistrikan motor yamaha
Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar
Alsepta Riski p
BalasHapus3.)Lampu Kepala: untuk penerangan malam hari lampu sorot
Lampu stop:tanda mau berhenti
Lampu sein:tanda montor mau belok
Lampu senja
Horn:lampu cadangan atau lampu kota
Indikator bahan bakar:tanda bahan bakar masih atau habis
Nama : ARDI DEWA PRAHARA
BalasHapusSoal No 1 : komponen utama pada unit sepeda motor ada 3 ?
Yaitu
A . Mesin
Terdiri dari cylinder head , block cylinder ,
B . Chasis
Terdiri dari sistem kemudi. suspensi ,roda , rem
C .kelistrikan
Terdiri dari pengapian , pembangkit listrik ,mekanisme penerangan , mekanisme starter
Nama ardi dewa prahara
BalasHapusKelas XII TSM 2
Soal nomer 1
3 Komponen unit pada sepeda motor adalah
A.Mesin
Terdiri dari cilinder head , cylinder block , crankase
B.Chasis
Terdiri dari sistem kemudi , roda , rem
C. Kelistrikan
Terdiri dari baterai, pengapian,starter
Alsepta Riski P
BalasHapus4)
1. Baterai
Baterai berfungsi untuk menyuplai arus listrik yang akan dijadikan sumber untuk proses pengapian. Arus dari baterai bersifat DC dan bertegangan 12 Volt. Sumber dari baterai digunakan pada sistem pengapian CDI DC.
2. Spul AC
Fungsi spul layaknya altrnator. Komponen ini akan menghasilkan tegangan AC atau bolak-balik yang dihasilkan saat mesin menyala. Komponen ini dapat digunakan agar sepeda motor dapat tetap hidup tanpa dilengkapi baterai.
3. Kunci kontak
Kunci kontak adalah komponen yang akan menjadi sinyal untuk menyalakan dan menonaktifkan sistem pengapian pada mesin. Saat kunci kontak berada pada posisi ON, maka arus dari baterai akan mengaliri sistem pengapian.
4. Ignition Coil
Ignition coil berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi dari 12 V mencapai 20 KV melalui proses induksi elektromagnet. Koil pengapian juga memiliki banyak jenis, untuk lebih jelas simak Cara kerja ignition coil beserta skema diagram.
5. CDI unit
CDI unit adalah komponen yang akan melakukan proses pengosongan arus. Komponen capasitor menjadi bahan elektronika yang dapat menyimpan dan menyalurkan arus listrik.
Di dalam CDI unit terdapat beberapa komponen antara lain, dioda. Fungsi dioda untuk menyearahkan arus yang didapat dari spul AC. Komponen lainya adalah transformator untuk menaikan tegangan arus induksi agar listrik yang masuk kedalam capasitor berlangsung cepat.
6. Pulse igniter
Pulse igniter berfungsi seperti sensor CKP. Komponen ini akan mengirimkan sinyal yang menandakan timing pengapain mesin dengan frekuensi tertentu.
7. Kabel busi
Advertisement
Kabel busi menjadi penghubung antara ignition coil dengan busi. Kabel ini di desain khusus karena akan mengalirkan listrik bertegangan tinggi. Sehingga kabel ini memiliki karet isolator yang lebih tebal dari kabel pada umumnya.
8. Busi
Busi menjadi komponen terakhir pada sistem pengapian. Busi akan mengkonversi energi listrik menjadi percikan api didalam silinder mesin. Simak mengapa busi dapat mengeluarkan api? Untuk lebih detail.
Nama: ardi dewa
BalasHapusKelas : XII TSM 2
Soal no 2
5 Kelengakapan pada kelistrikan sepeda motor
Yaitu
A. Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor
B. Spul dan kiprok berfungsi Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
C.Switch atau saklar
Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan
D. Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban
E.Fuse dan Relay Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.
Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.
Soal no 3
A .Lampu kepala
berfungsi sistem penerangan utama motor yang berfungsi untuk menerangi jalan raya agar pengemudi motor bisa jelas melihat arah jalan
B . Lampu STOP
Stop lamp atau lampu tail adalah lampu penanda yang digunakan untuk menunjukan ke mobil dibelakang bahwa ada kendaraan didepannya.
C.Lampu sein untuk memberitahu kepada kendaraan yang ada dibelakang jika kendaraan tersebut akan berbelok
D.Lampu senja berfungsi untuk menerangi disiang hari
E .Horn berfungsi untuk memberitahu kendraan ada di dapan untuk menepikan kendaraan tersebut
F. Indikator bahan bakar berfungsi untuk mengetahui bahan bakar tersebut masih banyak atau tidak bisa dilihat dari spedo meter motor
Soal no 4
A . Baterai berfungsi untuk menyediakan dan menyimpan pasokan arus listrik untuk keperluan elektrikal kendaraan, salah satunya untuk sistem pengapian elektronik ini.
B.IGNITION COIL
Coil berfungsi untuk menaikan tegangan secara spontan mencapai 20 KV. Didalam ignition coil terdapat dua coil utama, coil primer yang berguna untuk membangkitkan medan magnet. Dan coil sekunder yang memiliki lilitan tembaga lebih banyak untuk menerima medan magnet
C.Transistor unit
Transistor unit berfungsi sebagai komponen utama yang bertugas untuk memutuskan dan menyambungkan arus primer. Komponen ini akan menggantikan platina sebagai pemutus arus.
D . Pulse igniter
Pulse igniter adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi timing pengapian berupa sinyal PWM yang digunakan untuk memutuskan arus basis pada transistor.
E. Distributor
Layaknya sistem pebgapian konvensional, distributor menjadi komponen yang tidak boleh ketinggalan. Pasalnya, komponen ini akan membagikan listrik bertegangan tinggi dari coil sekunder ke masing-masing busi sesuai dengan FO (Firing Order).
F. Busi
Busi berfungsi menjadi komponen terakhir yang berfungsi untuk memercikan bunga api didalam silinder saat akhir langkah kompresi. Busi sebenarnya hanya menyalurkan listrik bertegangan tinggi dari coil sekunder melewati elektroda didalam busi.