RUMUS
PRAKTIS MENYETEL CELAH KATUP
by.@chsan M
Sobat sekalian jumpa
lagi pada posting saya. Kali ini posting untuk para siswa, calon mekanik
ataupun mekanik yaitu tentang teknik praktis menyetel katup pada kendaraan yang
mempunyai lebih dari 1 silinder, dimana pada kendaraan spesifikasi 4 tak
(langkah) mekanisme katup merupakan komponen utama pada engine yang harus
mendapatkan perawatan atau penyetelan celah katupnya agar engine selalu dalam
keadaan prima.
Terkadang kendaraan
apalagi mobil mempunyai lebih dari 2 silinder bahkan ada yg sampai 8 silinder,
jumlah katupnya pun mengikuti jumlah silindernya, dimana 1 silinder minimal
mempunyai 2 buah katup yaitu katup masuk (In) dan katup buang (Ex) dan semuanya
perlu perawatan atau penyetelan berkala. Terkadang kendala waktu yang
mempengaruhi pengerjaan penyetelan ini, apalgi jika dihadapkan pada kendaraan
yg mempunyai lebih dari 4 silinder, misalkan kendaraan Toyota Land cruiser yg
mempunyai 6 silinder ataupun mesin dengan 8 silinder. Bukan hanya engine yg
mempunyai lebih dari 4 silinder, dengan berkembangnya teknologi ada engine yg
mempunyai jumlah katup 4 buah pada setiap silindernya… Wwuuuaaah sungguh
pekerjaan yg perlu cukup jam terbang dan latihan yg lama jika pekerjaan
tersebut bisa dikerjakan dengan cepat, akurat dan tepat.
Pada saat melakukan
over hole engine, saat pemasangan semua komponen harus diset ulang termasuk
mekanisme katupnya. Bagi mekanik yg udah punya jam terbang tinggi pengesetan
mekanisme katup dan cara penyetelannya merupakan perkara yg mudah dan bisa dikerjakan
dengan cepat. Namun bagi pemula penyetelan katup pada saat mesin overhole bukan
perkara mudah. Dengan banyaknya katup yg harus distel maka kita harus hati-hati
dalam menentukan mana katup yg perlu distel atau tidak, kadang kala kita harus
mengingat-ingat diantara katup in dan katup ex tersebut mana yg harus distel
duluan supaya tidak terjadi benturan antar piston dan katupnya. Sehingga
membuat perkejaan tidak efisien dan lama.
Namun kali ini kita
akan postingkan teknik atau cara special buat siswa ataupun mekanik pemula yang
nantinya dapat melakukan penyetelan katup seperti mekanik yg sudah professional
atau udah banyak jam terbangnya dan dijamin akurat tepat dan benaar.
Teknik ini bisa
digunakan pada kendaraan yg mempunyai silinder 4 ataupun 6 bahkan 8 silinder, terkadanng
siswa sering lupa mana katup yg perlu distel duluan apakah In atau Ex pada
salah satu silindernya, sehingga teknik ini bisa memudahkan dan meminimalisir
kesalahan pada saat penyetelan.
Langsung saja kita
tampilnya posting ini :
Teknik ini
menggunakan 2 kali putaran poros engkol dan sobat sudah bisa melakukan
penyetelan semua katupnya. Misalkan sebuah kendaraan dengan 4 silinder dengan F.O (Firing Order)/urutan pengapian = 1 3 4 2
Langkah yang pertama
:
1. TOP
–kan silinder 1, cirinya kendaraan tersebut TOP silinder 1 adalah :
·
Tanda pulley pada poros engkol tepat
pada angka 0 untuk kendaraan tipe front engine atau tanda “T” pada flywheel
segaris dengan tanda pada bak kopling/transmisi untuk tipe kendaraan MR atau tipe
kendaraan yang enginenya di tengah
·
Pada engine bensin tanda TOP 1 juga
ditunjukkan oleh rotor distributor mengarah ke angka 1 pada tutup distributor,
pada engine diesel TOP 1 juga ditunjukan oleh posisi roker arm pada silinder 4
over lap (tidak bebas/menekan semua).
·
Lakukan penyetelan katup pada TOP 1
dengan menggunakan teknik F.O :1 3 4 2 1
“jangan
lupa untuk selalu menambahkan angka yg terakhir (1) pada FO nya…..” seperti di bawah ini
1 3 4 2 1
Ex | IN
Dari
table di atas dapat diketahui bahwa katup EX (buang) yg distel adalah pada silinder
1 dan 3 kemudian untuk katup In (masuk) pada silinder 1 dan 2, sedangkan
silinder 4 sengaja di garis karena posisi ini katup pada posisi over lap/tidak
bebas. Kemudian Stel celah katup sesuai standart/ spesifikasi kendaraannya.
2.
Putar
pulley poros engkol 360O sampai tanda pada pulley ataupun tanda
pada flywheel menunjuk angka nol “0”pada tanda timingnya, pada kondisi ini
engine TOP silinder 4, untuk
memastikannya bisa dilihat tanda / cirri engine pada posisi TOP silinder 4,
antara lain :
·
Rotor distributor mengarah ke angka 4
pada tutup distributornya, untuk engine bensin
·
Posisi
rocker arm untuk katup silinder 1 tidak bebas atau over lap
·
Stel katup yang belum distel dengan cara
mengubah/membailk nilai FO nya dari 1342 menjadi 4213, sehingga manjadi 4 2 1 3
4 “jangan
lupa untuk menambahkan angka yg terakhir (4)
pada FO.nya…” seperti
dibawah ini
Dari
table di atas dapat diketahui bahwa katup EX (buang) yg distel adalah pada
silinder 4 dan 2 kemudian untuk katup In (masuk) pada silinder 3 dan 4,
sedangkan silinder 1 sengaja di garis karena posisi ini katup pada posisi over
lap/tidak bebas dan katup silinder 1 udah distel pada posisi TOP 1 tadi. Kemudian
Stel celah katup sesuai standart/ spesifikasi kendaraannya.
Demikian
sobat teknik menyetel katup 4 silinder yg praktis.. Anda bisa mencobanya,
bahkan untuk engine yg mempunyai jumlah silinder 6 ataupun 8.
Enggaak
percaya…..?????? Ne coba ja buktiin sendiri yaa.. Jika
engine 6 silinder dengan Firing Order/FO : 1 4 2 6 3 5
Coba
sobat stel katupnya dengan cara seperti diatas….
Klo 10 slnder ke ats lain lg yh gan.
BalasHapusasal katupnya cuman 2 bisa tu.. hrs liat urutan pengapian juga gan
BalasHapusYg 6 slinder bukan ny fo ny 153624..thanks.
BalasHapusYg 6 slinder bukan ny fo ny 153624, pak achsan..
BalasHapusSecara standar pabrik memang itu mas, yg saya tulis adalah merupakan contoh buat melaksanakan praktik nya
BalasHapusKlo cdi f.o nya gimna gan...?? F.o nya udah gua bikin 142635 kok masih meledak". Trs gua cek businya. Busi no 1.2.5.6 businya basah. Udah gua ganti businya masih sama aja. Trs gua coba f.o 153624 ngak mau nyala mesinnya. Coba bantu ya gan. Mksih
BalasHapus